HEALTH


Tips Berhenti Merokok
===================================================================
18 hours ago ago by arif aja deh. Spam? Tags: ilmu, kesehatan, merokok, berhenti, Tips

Surabaya, eHealth. Meninggalkan kebiasaan merokok memang sulit. Disamping rokok mengandung zat adiktif yang bisa mengakibatkan ketergantungan, rokok juga mengandung 4000 macam zat adiktif lainnya. Meski demikian, kenyataannya orang tak takut akan bahaya rokok dan tak menyurutkan niat para perokok untuk merubah prilaku merokoknya.

Hal itu dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah, kantor, angkutan umum maupun di jalan-jalan. Hampir setiap saat dapat disaksikan dan di jumpai orang yang sedang merokok. Bahkan bila orang merokok di sebelah ibu yang sedang menggendong bayi sekalipun orang tersebut tetap tenang menghembuskan asap rokoknya dan biasanya orang-orang yang ada disekelilingnya seringkali tidak peduli.

Lebih mengerikan, bahwa racun dan zat karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya penyakit Kanker. Pada awalnya, rokok mengandung 8 – 20 mg nikotin dan setelah di bakar nikotin yang masuk ke dalam sirkulasi darah hanya 25 persen. Walau demikian jumlah kecil tersebut memiliki waktu hanya 15 detik untuk sampai ke otak manusia.

Dengan bahaya rokok yang begitu besar, namun tak surut dari pengguna rokok setiap harinya. Yang paling memprihatinkan adalah perokok aktif di mulai sejak usia muda setiap tahunnya. Kalau dulu orang mulai berani merokok biasanya mulai SMP maka sekarang dapat dijumpai anak-anak SD kelas 5 sudah mulai banyak yang merokok secara diam-diam.

Dengan fenomena itu, melalui perhelatan tarik ulur antara pro dan kontra, maka tepat tanggal 22 Oktober lalu Perda No.5 tahun 2008 mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Kawasan Terbatas Merokok (KTM) di sahkan. Perda ini dikeluarkan bertujuan untuk menekan laju perokok aktif dan melindungi perokok pasif. Hal tersebut telah diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Surabaya dr. Esty Martiana Rachmie di berbagai kesempatan dalam mensosialisasikan Perda KTR dan KTM ini.

Meski Perda KTR dan KTM di sahkan, namun ketergantungan pecandu rokok sangat sulit untuk ditinggalkan, terutama para perokok aktif. Tidak perlu khawatir karena ketergantungan bisa dihilangkan dengan tekad dan kemauan menghentikan ketergantungan itu. Berikut ini merupakan tips-tips berhenti dari merokok.

1. Kurangin jumlah batang rokok yang dihisap perhari. Memang tidak mudah, yang bisa cepat dilakukan dengan segera. Namun ingatkan diri anda bahwa bagaimanapun juga bahwa tubuh anda akan terkondisikan oleh nikotin yang mensuplai racun rokok ke dalam tubuh anda. Maka mulailah mengurangi jumlah rokok yang anda konsumsi. Misalkan sehari-harinya menghabiskan 25 batang, kurangin 20 dan pertahankan sampai satu minggu atau lebih. Minggu kedua kurangin jadi 15 batang dan seterusnya.

Secara tidak langsung dengan cara itu anda bisa mengurangi kadar nikotin yakni dengan mengurangi perbatangnya tiap hari. Dengan kadar tar dan nikotin rendah maka ketergantungan akan berangsur rendah.

2. Giat berolah raga berguna untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh yang pastinya sudah berubah ketika dalam keadaan transisi dari perokok dan berkurang. Luangkan waktu 30 menit untuk joging disekitar rumah secara rutin. Boleh jadi jika bosan olahraga lain misalkan dengan ikut fitness dan hobi olahraga lainnya.

3. Kurangi tidur larut malam, karena orang dewasa sulit untuk tidur terlalu sore. Kebiasaan jika tidur terlalu larut malam maka keinginan anda untuk merokok makin bertambah. Terkadang karena ingin mengusir rasa ngantuk maka merokok dianggap efektif menghilangkan kantuk.

4. Jika anda bener-benar bertekad untuk berhenti dari candu rokok maka bertemanlah dengan sahabat anda yang pernah merokok namun bisa berhenti dari kecanduan rokoknya. Kabar baik itu sebaiknya anda umumkan kepada teman-teman atau kerabat bahwa anda ingin berhenti merokok. Sehingga teman anda bisa membantu memberikan saran-saran penting dalam proses berhenti merokok anda.

5. Hindarkan sesuatu yang bersinggungan dengan rokok baik dari barang-barang maupun kebiasaan yang membuat anda merokok. Cobalah bersihkan rumah dari atribut-atribut rokok seperti bungkus rokok, asbak dan korek. Karena bau rokok akan merangsang anda untuk tergiur merokok kembali. Termasuk singkirkan kebiasaan anda ditempat-tempat yang membuat anda ingin merokok. misalkan merokok dalam café atau restoran, maka alihkan perhatian itu pada tempat-tempat yang tak memungkinkan anda merokok pergi kebioskop atau yang lain. Hal ini bisa menekan kebiasaan merokok karena situasi dan kondisi.

6. Mengingatkan selalu akan tekat awal anda untuk berhenti dari rokok. Ingatkan dengan misalkan motivasi diri anda dengan pengeluaran bugdet yang akan anda keluarkan untuk membeli rokok bisa untuk membeli keperluan yang lain. Motivasi tidak dalam satu bentuk saja namun lebih pada diri dan tekat untuk bener-benar lepas dari candu rokok.

7. Dalam tahap ini memang akan terasa berat namun bersabarlah, khususnya dalam 1-2 minggu pertama. Karena biasanya bawaan emosi tinggi itu ada, terkadang hingga ada perselisihan dengan keluarga yang menginginkan anda berhenti merokok.

Dengan tips ini, jika anda konsisten maka keinginan anda akan tercapai untuk berhenti merokok. Meski demikian lingkungan masih tetap menjadi faktor mempengaruhi untuk kembali merokok. Untuk itu lingkungan sekitar anda harus mendukungnya baik dari teman maupun keluarga. Diantara ini merupakan peran teman dan keluarga yang ingin mendukung seseorang yang berhenti dari rokok:

1. Terus ingatkan akan bahaya rokok dan konsekuensi yang harus ditanggungnya ketika dia terus merokok. Biasanya paling ampuh ingatkan pada sakit akibat rokok seperti kanker yang tak bisa sembuh atau pengalaman buruk berkenaan dengan rokok.

2. Berikan banyak pujian dan penghargaan kepada keluarga atau pasangan anda yang berusaha berhenti dari rokok. Misalkan mengucapkan selamat atau ungkapan kekaguman atas perjuangannya atau hadiah-hadiah kecil.

3. Biarkan ia mencurahkan isi hati dan perasaan mereka pada anda. Ketahui bahwa berhenti merokok sama dengan kehilangan sahabat setia. Untuk itu tak ada salahnya anda berusaha menggantikan sebagai sahabatnya tersebut.

4. Ajaklah melakukan kesibukan atau jalan-jalan agar ia melakukan aktivitas fisik pada waktu-waktu biasanya dia merokok. Tujuannya untuk memperbaiki mood dan mengurangi gejala ketagihan.

Hal tersebut merupakan kiat-kiat berhenti dari rokok, namun secara keseluruhan itu tergantung tekat anda untuk berhenti dari rokok. Namun jika berhasil dan kembali normal, maka manfaatnya akan anda rasakan rumah dan lingkungan anda anda meanjadi lebih bersih dan wangi. Keluarga sehat juga akan tercapai, percayalah dia akan sangat berterimaksih pada anda. (Ima/ dari berbagai sumber)

Reporter : Imroatul Afifah

Sumber:
http://surabaya-ehealth.org/content/tips-berhenti-merokok

Awas Bahaya Stroke
===========================================
7 hours ago ago by booleangirl7125. Spam? Tags: kesehatan

Pernahkan Anda berpikir bahwa kita bisa saja mengalami hal yang paling ditakuti oleh semua orang yaitu kematian dalam waktu yang tidak terduga. Ada saja penyakit zaman sekarang yang dengan mudahnya mencabut nyawa seseorang. Salah satunya adalah stroke.

Stroke mulai dikenal di masarakat kita pada tahun 80-an. Pada masa itu istilah stroke mulai dikenal sebagai sebutan untuk orang yang sakit dengan akibat kelumpuhan. Sebenarnya bagaimana proses stroke terjadi? Stroke adalah suatu akibat dari suatu kondisi dimana otak tidak mendapat suplai darah dengan cukup. Kita tahu bahwa darah membawa sari-sari makanan dan oksigen yang merupakan bahan yang sangat penting untuk kehidupan sel tak terkecuali sel otak. Proses terhambatnya aliran darah ini bisa disebabkan oleh banak hal, misalnya tumor, perdarahan, hipotensi, hipertensi dll. Semua hal diatas dapat mengakibatkan apa yang disebut dengan stroke. Akan tetapi stroke sampai saat ini sering dikaitkan dengan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung saja seperti hipertensi, kolesterol, hiperlipidemi.

Ngemil yang Sehat (2)
===================================================================
3 hours ago ago by arif aja deh. Spam? Tags: ilmu, kesehatan, makanan, Minuman, ngemil, Diet

Cari Kesibukan
Keinginan untuk Ngemil biasanya datang ketika pekerjaan anda sedang longgar. Bukan berarti anda harus terus sibuk hingga menguras energi. Cukup cari kegiatan yang akan menyibukkan tangan anda. Chatting dengan teman, main kartu, menjahit, main piano, atau mengecat kuku bisa jadi pilihan. Intinya, cari kesibukan dan alihkan pikiran anda dari keinginan untuk Ngemil.

Stop Nonton TV
Menonton TV terbukti membangkitkan semangat Ngemil. Menonton TV membuat anda merasa harus melakukan sesuatu sebagai sambilan. Biasanya, yang jadi pilihan adalah mencari camilan. Apalagi, kebanyakan iklan di TV mempromosikan makanan yang lezat-lezat. Kembali ke saran sebelumnya, cari kegiatan lain yang mengalihkan pikiran anda dari keinginan Ngemil.

Sikat Gigi Setelah Makan
Sikat atau bersihkan gigi setelah makan. Walau kesannya simpel, kegiatan ini terbukti bisa membuat anda menghindari makanan, setidaknya selama satu jam ke depan.

Hitung Kalori yang Masuk dan Pikir Keluarannya
Jangan makan sambil melakukan kegiatan lain. Makan yang dilakukan sambil melakukan kegiatan lain membuat anda ‘tak menyadari’ anda sedang makan. Akibatnya, anda terus akan merasa lapar dan ingin makan. Setiap makan pikirkan apa yang anda makan, apakah anda benar-benar menginginkannya, berapa kalori yang masuk, dan apakah anda akan melakukan kegiatan yang bisa membuang kalori itu.

Kalori pizza yang anda makan misalnya, hanya beberapa menit memberi kenikmatan di mulut akan bersarang lebih lama di tubuh anda jika tak ada usaha untuk mengeluarkannya. Buat perhitungan, satu pizza akan dibalas dengan satu jam jogging.

Makan
Salah satu jurus paling ampuh untuk mencegah Ngemil adalah makan! Makan pagi, siang, dan malam jangan ada yang dilewatkan. Jika satu saja terlewat, keinginan untuk balas dendam lewat Ngemil pasti semakin besar. Melewati waktu makan bisa membuat anda semakin lapar. Hasilnya Ngemil pasti jadi pilihan karena tak mungkin meninggalkan meja kantor. Karena itu, ketika waktu makan pagi, siang, dan malam tiba, jangan dilewatkan.

TIPS lain yang patut dicoba
* Buat rencana camilan sepanjang minggu, khususnya jika Anda bekerja di luar rumah. Buat daftar seluruh camilan untuk perbekalan sepanjang minggu dan persiapkan persediaannya sesuai daftar yang Anda buat. Beli beraneka camilan sehat supaya Anda tidak bosan.

* Catat camilan yang sudah anda makan beserta banyaknya, sehingga anda dapat memperkirakan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda.

* Sejumlah penelitian menunjukkan orang-orang yang makan makanan sehat selama empat atau lima kali sepanjang hari lebih sedikit mengalami obesitas dari pada yang hanya makan tiga atau empat kali sepanjang hari.

Kunci Suksesnya, anda harus konsekuen dan tidak mudah menyerah. Diet yang memberi hasil singkat juga memberi risiko naiknya berat badan dengan singkat. Pelan tapi pasti dan stabil lebih baik dari pada berat badan turun naik dalam waktu singkat. (diolah dari berbagai sumber: cie)

Sumber:
http://surabaya-ehealth.org/content/tips-ngemil-nan-sehat-ii
Dunia kesehatan saat ini telah mengalami pergeseran. ketika dahulu banyak penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang higieni. namun saat ini penyakit disebabkan oleh karena pola hidup dan gaya hidup. sehingga banyak terjadi penyakit penyakit degeneratif ( disebabkan karena penuaan) . namun angka harapan hidup masyarakat indonesia menjadi semakin berkurang.

perlukah kita mencari alternatif pola hidup sehat sekaligus alami ….?

lebih baik mencegah daripada mengobati..

TIPS KESEHATAN: Tetap Sehat Saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri! Bugar Fit Prima Kuat Pasca Berpuasa!
============================================================================
Lebaran Hari Raya Idul Fitri ini merupakan rangkaian artikel terakhir Rumah Islami setelah sebelumnya saya telah menyajikan tips sehat buka puasa di bulan Ramadhan.

Lebaran merupakan puncak dari usaha untuk memenuhi kewajiban dan perjuangan menahan nafsu satu bulan lamanya, khususnya keinginan untuk makan dan minum. Saat bulan suci Ramadhan 2009 berakhir dan batasan untuk bersantap di pagi dan siang hari telah hilang, mulailah kebiasaan lama muncul kembali: mengkonsumsi makanan tanpa berpikir akibat atau dampaknya karena dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus!

Hal ini dapat dimaklumi karena biasanya makanan dan masakan yang disajikan saat Lebaran lain dari biasanya dan ditambah aneka kue kering Lebaran yang sangat mengundang selera🙂

Namun demikian, yang paling penting adalah jangan menjadikan Hari Idul Fitri sebagai ajang balas dendam karena telah menjalankan kewajiban berpuasa. NIkmati sajian hari Lebaran dengan cerdas dan tetap menjaga kesehatan agar senantiasa kuat dan bertenaga paska atau setelah puasa dan Lebaran.

Mudah-mudahan artikel berikut ini membuka hati kita untuk senantiasa menjaga tubuh agar tetap sehat fit bugar di Hari Lebaran Idul Fitri 1430H. Amin.

Hindari Makan Berlebih Saat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri kurang dari tiga minggu lagi. Pesta hari raya umat muslim ini, lekat dirayakan dengan menghidangkan makanan dan minuman mewah yang lain dari hari-hari yang biasa. Menanggapi hal ini, Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Dr. Epistel Simatupang mengingatkan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan kendati tengah merayakan hari raya.

“Meski Idul Fitri tetapi jangan makan yang berlebihan. Tetap pada pola diet yang sehat,” ujar Epistel, Jakarta, Sabtu (29/8).

Saat Idul Fitri memang kerap menghidangkan makanan bersantan dan pedas, seperti opor ataupun rendang. Selain itu, juga banyak dihidangkan kue-kue dan minuman bersoda yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Menurut Epistel jika jenis makanan dan minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka akan memicu asam lambung berlebih dalam tubuh ataupun mengakibatkan stroke. Karena itu, dia mengingatkan agar pintar memilih makanan dan tetap menghindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi dan berlemak. “Perlu juga tetap konsumsi makanan berserat dan minum yang cukup untuk menjaga hidup sehat,” katanya.

Sumber: Kompas.com

3 Responses to HEALTH

  1. ariefwidjaya says:

    Hello mY name is arief widjya sst.ft . I am a fisioterapis . so whoever want to be my patient i willl respect….

  2. salam kenal
    selamat ngeblog, ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s