MENJADI TERKENAL MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE ….(UPLOAD VIDEO)

Menjadi terkenal di sosial media Youtube – Sebelum membahas cara menjadi terkenal lewat Youtube, ada baiknya kita membahas sosial media Youtube terlebih dahulu. Secara umum yang bisa kita lihat dari Youtube yaitu banyaknya kumpulan-kumpulan video yang dibagikan oleh banyak orang ke sosial media Youtube. Bahkan hampir semuanya berisi video.

Ilustrasi – mage: http://www.dezzain.com

Yaps benar, Youtube adalah sosial media berbagi video. Saat ini Youtube menjadi sosial media berbagi foto terbesar di dunia, bahkan Youtube menjadi situs website yang paling populer ke tiga di dunia versi Alexa. Tidak seperti sosial media lain yang bisa membagikan berbagai macam konten, tetapi Youtube fokus dengan konten berbagai video saja. Tetapi yang uniknya Youtube bisa membagikan videonya kesosial media yang lain.

Berdasarkan data tahun 2013 lalu pengguna Youtube sudah mencapai 1,1 milyar dari seluruh dunia. Sehingga membuat Youtube mencatatkan namanya sebagai sosial media terbesar kedua di dunia setelah facebook. Barulah kemudian diikuti oleh sosial media lainnya. Kemungkin besar jumlahnya juga akan semakin bertambah untuk tahun kedepannya.

Di lihat dari jumlah pengguna Youtube, tentunya ini menjadi peluang yang besar. Salah satu peluang dari sekian banyak peluang yang ada salah satunya bisa menjadi orang terkenal di Youtube. Karena penggunanya saja sudah banyak, jadi bukan tidak mungkin kita bisa dengan mudah terkenal di Youtube. Dari Youtube kita bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi dari seluruh dunia bisa mengenali kita.

Image: http://www.worldwealthnetwork.com

Manfaat Menjadi Terkenal di Youtube

Mengapa begitu banyak yang ingin menjadi orang terkenal di Youtube? Apa saja manfaat menjadi orang terkenal di Youtube? Ok, akan kita jawab. Tentunya ada manfaat karena tidak mungkin orang mengejar sesuatu yang tidak ada manfaatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat menjadi orang terkenal di Youtube.

1. Di Kenal oleh Banyak Orang

Sudah pasti dong. Dengan terkenal di Youtube kita bisa dikenal oleh banyak orang, misalnya terkenal di Indonesia atau bahkan terkenal di level internasional. Karena pengguna Youtube itu bukan hanya dari Indonesia saja tapi dari seluruh dunia.

Mungkin ketika kita memiliki bakat atau talenta tertentu hanya di ketahui oleh teman saja, keluarga dan kerabat saja. Tetapi dengan mengunggah video yang berhubungan dengan kemampuan bakat kita tentunya akan membuat kita dikenal oleh banyak orang.

2. Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

Youtube merupakan sosial media yang memiliki banyak pengguna. Google sebagai pemiliki Youtube memiliki program periklanan di Youtube. Jika kita mendaftar dan diterima menjadi publisher iklan. Dari sinilah kita bisa mendapatkan penghasilan yang menjadi pendapatan sampingan.

Bukan hanya itu saja, jika terkenal di Youtube ketika memiliki bakat tertentu kemudian ada orang yang menyukai akan ada pihak tertentu yang menawarkan agar produk mereka kita promosikan lewat channel Youtube yang kita miliki. Jika tawarannya diterima, ini bisa menjadi sumber pendapatan bro.

Bukan hanya itu kadang dengan terkenal di bidang tertentu kita juga mendapatkan tawaran job dari orang yang tertarik dengan karya kita. Misalnya ada orang yang melihat hasil karya animasi yang kita buat, jika ada yang tertarik minta dibuatkan animasi bisa kita buatkan. Dan tentunya jika minta dibuatkan akan ada bayaran atau penghasil dari proyek yang kita kerjakan tersebut.

Jika memiliki bakat menyanyi atau seni tarik suara kadang-kadang artis Youtube sering mendapatkan tawaran untuk mengisi acara di daerah atau tempat tertentu. Walaupun bayarannya tidak semahal artis papan atas, tapi ini lumayan untuk menambah uang jajan dan buat bayar kuota internet. Hehe..

Dan banyak lagi bidang lain yang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Bahkan orang di luar negeri bisa mendapatkan milyaran rupiah dari Youtube.

3. Menjadi Selebriti Terkenal

Sudah banyak sekali kita melihat contoh jika memiliki bakat tertentu terutama dibidang tarik suara bisa mendapatkan tawaran untuk menjadi artis. Sebut saja Norman Kamaru, Udin, Sinta Jojo dan banyak lagi. Tetapi biasanya artis seperti ini tidak mampu bertahan lama menjadi artis papan atas, karena ketatnya persaingan di dunia industri hiburan.

Tetapi meski begitu tetap banyak artis terkenal dari Youtube yang terkenal sampai sekarang. Dan yang paling fenomenal adalah Justin Bieber, yang sampai saat ini masih terkenal di dunia. Bahkan penggemar Justin Bieber tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

4. Bisa Menjadi Tempat Menyalurkan Bakat yang Kita Miliki – Manfaat Tambahan

Setidaknya meskipun kita tidak menjadi artis terkenal kita bisa menyalurkan bakat yang dimiliki. Bakat menyanyi bisa membagikannya di Youtube, bakat comedy dan parody juga bisa dibagikan di Youtube. Sehingga Youtube menjadi tempat gratis untuk menyalurakan kreatifitas dan bakat yang miliki. Ternyata menjadi orang terkenal memiliki banyak manfaat juga ya. hehe..

Image: http://www.youtube.com

Cara Menjadi Orang Terkenal di Youtube

Bagaimana cara menjadi orang terkenal di Youtube? Pertanyaan intinya ini. Tapi sebelum djelaskan lebih jauh ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi disini. Perlu saya tekankan bahwa terkenal di Youtube belum tentu menjadi seleb Youtube.

Tetapi jika sudah menjadi seleb Youtube, sudah pasti terkenal di Youtube. Terkenal juga dibagi menjadi beberapa macam, ada yang terkenal dari sisi positif ada yang terkenal dari sisi negatif. Nah tanpa perlu panjang lebar akan saya bagikan beberapa tips menjadi orang terkenal di Youtube.

1. Mengunggah Video yang Unik dan Menarik ke Youtube

So pasti bro, karena para pengguna Youtube dan juga sosial media lebih cenderung menyukai sesuatu yang unik dan menarik. Mengapa demikian? Karena bosan coy sama video yang gitu-gitu aja. Membuat video kita unik adalah video yang berbeda.

Contoh simpelnya para pengcover lagu di Youtube. Mengcover lagu merupakan kegiatan yang sama yaitu sama-sama menyanyi. Tapi yang uniknya adalah, pengcover lagu membawakan lagu dengan gaya yang berbeda dengan penyanyi yang aslinya. Walaupun lagunya sama tetapi dinyanyikan dengan cara yang berbeda inilah yang membuat pengcover lagu itu unik.

Misalnya lagu yang akan mereka nyanyikan sebenar bergenre remix, tetapi si pengcover lagu membawakan dengan cara yang unik dan berbeda misalnhya dibawakan dengan genre akustik piano atau gitar. Walaupun lagunya sama, tetapi jika dibawakan dengan gayanya sendiri  tetap saja banyak yang suka dan menarik untuk dinikmati. Sehingga tak jarang dari mereka yang menjadi seleb di Youtube, sehingga ada pula yang memiliki fans.

Begitu pula dalam bidang lainnya, contoh yang sering kita lihat misalnya parody-an. Video lipsink dan banyak lagi. Agar kepopuler bertahan lama solusinya bikin karya yang unik dan yang bisa membuat kepopuleran bertahan lama.

2. Konsisten Mengunggah Video ke Instagram

Jika ingin terkenal di Youtube harus konsisten dan rutin mengunggah video di Youtube. Memiliki banyak video di Youtube akan membuat penguna mudah menemukan video kita. Semakin banyak semakin bagus, tetapi harus di iringi pula dengan kualitas video yang kita suguhkan ke pada pengguna sosial media Youtube.

Sebenarnya banyak orang yang berpotensi menjadi orang terkenal di Youtube tetapi yang disayangkan adalah mereka tidak konsisten mengunggah video hasil karyanya ke Youtube. Agar populer sebaiknya unggah video-video baru ke akun Youtube secara berkala misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali. Sehingga videonya tidak itu-itu saja, karena kalau videonya itu-itu saja orang akan mudah jenuh.

3. Unggah Video ke Youtube Sesuai dengan Bakat yang Kita Miliki

Sebenar semua bidang yang kita memiliki potensi untuk membuat kita semakin terkenal. Jadi tidak ada yang namanya hanya bidang tertentu saja yang buat kita terkenal. Saya sendiri tidak setuju jika ada orang yang menjudge langsung jika bidang tertentu tidak bisa membuat kita terkenal. Semua bidang itu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi terkenal hanya saja porsinya berbeda ada yang besar, ada juga yang kecil.

Ada yang mengatakan kalau mau terkenal itu hanya bidang komedi dan menyanyi saja. Ini salah, semua bidang bisa. Kalau kita bisa mengolahnya. Contohnya jika kita memiliki ketertarikan di bidang multimedia anda  bisa membuat desain atau animasi yang di unggah ke Youtube. Jika banyak orang yang suka dengan hasil karya yang kita buat, ini akan menjadikan kita terkenal di bidang desain animasi.

Jika kita suka dengan bidang olahraga futsal  dan ahli dalam memainkannya serta memiliki skill. Kita bisa mengupload video tersebut ke Youtube. Apalagi olahraga futsal merupakan olahraga yang sangat di gemari banyak orang. Jika skillnya bagus pasti banyak yang suka dan bisa jadi terkenal.

Bahkan tanpa memiliki bakat tertentu pun kita bisa jadi terkenal, misalnya saja banyak anak bayi kecil yang tidak tahu apa-apa. Taunya nangis dan ketawa doang, tapi ketika di unggah videonya ke Youtube banyak orang yang menyukainya dan jadi bayi yang terkenal. Jadi intinya dengan apapun itu semua orang bisa berpeluang jadi terkenal.

4. Buang Paradigma jika Ingin Terkenal Harus Cantik atau Ganteng

Inilah yang paling sering orang-orang bicarakan, katanya kalau ingin terkenal harus ganteng atau cantik. Ini no sense broh. Buat yang ingin terkenal di Youtube tidak ada istilah kalau terkenal harus ganteng atau cantik. Sudah tidak zamannya lagi pandangan seperti ini bisa berlaku. Siapapun itu mau ganteng, jelek, biasa saja, cantik, kulit putih, kulita hitam semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk terkenal.

Cantik atau ganteng tidak lagi menjadi syarat untuk menjadi orang terkenal di Youtube. Buktinya banyak yang terkenal walaupun wajahnya biasa saja. Karena yang terpenting itu adalah kreatifitas bro. Semakin kreatif maka semakin banyak orang yang menyukai kita.

5. Video yang di Unggah Harus Berkualitas

Jika ingin mendapatkan video yang berkualitas caranya yaitu dengan menggunakan kamera yang beresolusi tinggi. Kamera yang beresolusi tinggi tentuya akan mendapatkan gambar yang lebih berkualitas. Misalnya gambar yang di hasilkan lebih jernih dan tidak buram. Saya sendiri misalnya lebih menyukai video yang jenih dan bagus dilihat. Mungkin pengguna Youtube yang lain juga demikian.

Video yang berkualitas juga memiliki daya tarik yang lebih kuat ketimbang video yang buram. Ini merupakan salah satu bentuk penerapan konsep marketing dimana kita itu harus mengutamakan kepuasan pengguna. Percuma konten videonya sudah bagus tapi gambarnya kualitas 3gp, yang gambarnya pecah-pecah. Ini tidak manarik dan penonton juga tidak akan puas.

6. Terus Melakukan Inovasi Baru

Bentuk inovasi ini banyak, bisa dari inovasi peralatan, audio, video, materi dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan video yang upload. Inti dari inovasi ini adalah perbaikkan yang terus menerus dan berkelanjutan. Sehingga ada peningkatan dan perkembangan menjadi lebih baik lagi. Dalam bidang apapun itu inovasi merupakan hal yang wajib dilakukan dan di terapkan termasuk mengunggah karya ke Youtube.

7. Membuat Video yang Kontroversi

Membuat video yang kontroversi memang membuat kita menjadi terkenal. Tapi cara ini bukan cara yang tepat karena kontroversi itu lebih cenderung di judge sebagai sesuatu yang negatif. Ya misalnya membuat video tidak senonoh yang akhirnya berhadapan dengan hukum dan juga norma agama. Bentuk lain dari kontroversi juga bisa dengan membuat pernyataan yang frontal, mengancam, atau yang tidak bagus lainnya.

Untuk cara ini penulis tidak menyarankan, karena dianggap kurang beretika. Bukan hanya itu saja dengan melakukan kontroversi juga membuat reputasi diri sendiri menjadi buruk. Padahal dalam dunia maya etika dan kesopanan itu merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

 

Sekian tulisan yang bisa dibagikan. Semoga ini bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman yang membacanya. Terima kasih sudah berkunjung ke tuliside.com. Sebagai hiburan tuliside.com akan membagikan video dari salah satu channel di Youtube. Chech it out…

 

Selamat Mencoba…

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s