PRITA MULYASARI AKHIRNYA BEBAS

Kasus dengan tuduhan pencemaran nama baik yang dituduhkan RS. OMNI Internatioanal Hospital Alam Sutera, Tangerang kepada Ibu Prita Mulyasari masih belum tuntas. Sekedar pengulangan informasi bagi kita yang tidak sempat untuk selalu mengikuti perkembangannya, kasus ini berawal dari proses perobatan Ibu Prita di RS. OMNI tersebut. Karena merasa hak-nya sebagai pasien tidak terpenuhi malah dirugikan, kemudian Ibu Prita mengirimkan email keluhan kepada beberapa teman dan tanpa diduga email tersebut menyebar luas di ranah internet. Email yang mencantumkan nama rumah sakit dan dua dokter tersebut pun menjadi landasan oleh RS. OMNI untuk mengadukan Ibu Prita ke pengadilan dengan tuduhan pencemaran nama baik. Email selengkapnya bisa dibaca pada postingan berjudul Berikut Email Lengkap Ibu Prita Mulyasari

Sebelumnya Ibu Prita sempat ‘menginap’ di penjara selama 21 hari dikarenakan kasus ini, kemudian bisa bebas setelah para elit politik dan pejabat pemerintahan menaruh perhatian. Sekeluar dari penjara, selanjutnya bolak-balik mengikuti persidangan. Sempat juga Ibu Prita menghadapi tuntutan 6 bulan penjara dan denda sejumlah 204 juta rupiah. Tuntutan penjara dan denda tersebut pun kembali banyak menyita perhatian masyarakat luas, hingga ada aksi Penggalangan Dana: Koin Untuk Prita.

Sayangnya RS. OMNI mencabut perkara pidana sehingga Ibu Prita batal membayar denda 204 juta rupiah tersebut, padahal koin yang terkumpul sudah melebihi dari yang dibutuhkan, yakni terkumpul lebih dari 800 juta rupiah. Perkembangan dari kasus ini, Ibu Prita kemarin kembali menghadapi sidang di Pengadian Negri Tangerang. Dan hasilnya, pengadilan menyatakan email Ibu Prita tidak bisa dikatakan sebagai dalih pencemaran nama baik oleh RS. OMNI, dan Ibu Prita dibebaskan dari semua tuduhan. Sujudsyukur kepada-Nya.

Perkembangan berita di berbagai media, JPU menyatakan “pikir-pikir” selama 14 hari untuk menanggapi vonis bebas tersebut. Semoga hasil “pikir-pikir” tersebut akhirnya bisa menerima, agar kasus ini selesai di sini. Selamat buat Ibu Prita. Kemenangan ini kemenangan rakyat kecil.

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to PRITA MULYASARI AKHIRNYA BEBAS

  1. penasaran ane ama si prita mulya sari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s