Per Januari, Pemerintah Naikkan Gaji PNS 15%

JAKARTA. Pemerintah menepati janjinya menaikan gaji bagi abdi pemerintah alias pegawai negeri sipil (PNS) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Janji tersebut tertuang lewat penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2009 tentang Perubahan Kesebelas Atas PP nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Lewat PP yang terbit tanggal 16 Januari 2009 tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan, gaji terendah PNS tahun ini mencapai Rp 1.040.000. Gaji tersebut untuk PNS dengan golongan 1 a dengan masa kerja golongan (MKG) masih kosong. Besaran tersebut naik sekitar Rp 25.600 bagi PNS golongan 1a yang telah memiliki MKG 1 tahun.

Bila dibanding tahun lalu, jelas gaji PNS golongan 1a dengan MKG nol itu jauh lebih besar dibanding tahun lalu Rp 910.000 atau dibanding 2007 yang hanya Ro 760.500.

Nah bila dibanding upah minimum provinsi (UMP) 2009 di DKI Jakarta, gaji pokok PNS golongan terendah tersebut tidak jauh berbeda. Pasalnya, UMP DKI tahun ini ditetapkan Rp 1.069.865.

PP 8/2009 menyebutkan, untuk PNS holongan IIa dengan MKG kosong alias nol pengalaman ditetapkan Rp 1.320.300. Selanjutnya untuk golongan IIIa juga dengan nol pengalaman alias tahun pertama menjadi PNS, mendapat gaji pokok Rp 1.655.800. Kemudian, untuk golongan IVa dengan MKG-nya juga masih kosong berhak mengantongi Rp 1.954.300.

Sementara itu gaji pokok terbesar PNS 2009 mencapai Rp 3.400.000 yakni untuk PNS dengan golongan IVe dengan MKG 32 tahun. “Kenaikan gaji pokok PNS pada tahun ini rata-rata skeitar 15%,” ujar Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Masnirani Mochtar kepada KONTAN, Jumat (6/2).

Deputi Kinerja dan Perundang-undangan BKN Kuspriyo Murdono menambahkan, kenaikan gaji PNS tersebut memang terkait komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan PNS.

Makanya, sambung dia, BKN melihat minat masyarakat baik yang belum atau bahkan sudah bekerja cukup tinggi untuk menjadi PNS. Selain karena pertimbangan bakal mendapatkan pensiun, bisa jadi karena masyarakat menyadari kalau menjadi seorang PNS adaah profesi yang paling aman saat ini. “PNS itu sulit untuk di pecat kecuali melanggar aturan kepegawain makanya pengumuman lowongan PNS selalu di sambut hangat,” kata Kuspriyo.

Dia menjelaskan, dibanding beberapa tahun silam, gaji pokok yang di terima PNS saat ini memang jauh lebih besar. BKN mencatat,kuota PNS 2008 yang hanya 300 ribu untuk seluruh instansi seIndonesia diburu oleh masyarakat yang jumlahnya lebih dari tiga kalilipat dari
jumlah kuota diperebutkan plus diluar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang telah terdaftar.

Jumlah PNS sendiri menurut catatan BKN per 31 Desember 2008 di seluruh Indonesia mencapai 4.083.360 orang.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual menilai, kenaikan gaji PNS yang juah diatas asumsi inflasi tahun ini yang dipatok 6% bakal semakin mendorong minat masyarakat menjadai PNS. “PNS merupakan profesi dengan tingkat resiko di pecat yang paling rendah terlebih di tengah kondisi ekonomi saat ini,” ujarnya.

Makanya, tidak heran bila lowongan PNS diperebutkan oleh banyak masyarakat. Proses tersebut di perkirakan bakal terus naik seiring komitmen kepala negara untuk terus menaikan gaji PNS. “Tapi jangan salah, kenaikan gaji yang terlampau besar juga bisa memukul inflasi,”lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Sekuruh indonesia (KSPSI) Hikayat Atika Karwa mengatakan, pemerintah seharusnya juga memperhatikan kenaikan gaji buruh. Sepatutnya, kenaikan gaji buruh juga di dorong untuk dinaikan guna meningkatkan
kesejahteraan buruh. Menurutnya, buruh memahami kondisi ekonomi sekarang yang sedang dialami perusahaan tapi seharusnya yang di korbankan bukan hanya buruh soal gaji.

Martina Prianti

dibaca sebanyak : 1706 Kali

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s