Gaji Awal PNS 4 Juta 2010, Gaji Awal PNS 4 Juta

Jun 25, 2009 at 01:42 PM
Bila Usulan Kenaikan 100% Gol

MANADO- Gaji pokok PNS golongan III A dan masa kerja 0 tahun bisa menembus Rp3,7 juta per bulan pada 2010 (lihat grafis). Bahkan, bila ditambah tunjangan, gaji pemula golongan III A mencapai Rp4 juta per bulan.
Ini bukan tidak mungkin terwujud menyusul usulan kenaikan gaji 100% bagi kalangan PNS makin gencar disuarakan terkait reformasi birokrasi.
“MenPAN (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara) pada dasarnya ingin meningkatkan kesejahteraan 4 juta PNS di Indonesia. Tapi harus bertahap, karena harus disesuaikan dengan keuangan negara juga. Apalagi beban negara saat ini sangat besar,” tegas Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho.
Peningkatan gaji PNS, lanjutnya, harus diikuti dengan profesionalitas pegawai. Yang kerjanya baik akan mendapatkan gaji lebih tinggi. Sebaliknya pegawai berkemampuan biasa-biasa saja tidak bisa berharap disamakan dengan PNS berprestasi. Sedangkan bagi PNS berkinerja buruk, pemerintah tidak segan-segan memberikan sanksi dan yang terberat adalah pemecatan. Apalagi saat ini jumlah PNS di Indonesia terlalu banyak.
“Jangan berpikir pekerjaan paling aman itu PNS. Dengan makin ditingkatkannya kesejahteraan para pegawai, aturan PNS juga diperketat. Ya profesional saja, yang berprestasi dapat reward dan yang melanggar aturan dapat sanksi,” kata Ramli.
Dijelaskannya, dalam Peraturan Pemerintah No 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin PNS, dijelaskan pegawai yang tidak menaati ketentuan jam kerja, menyalahgunakan wewenang, menjadi perantara mendapatkan keuntungan pribadi dengan menggunakan kewenaangan orang lain, dll akan dikenakan sanski sesuai tingkat hukuman disiplin.
“Tingkatan hukuman disiplinnya ringan, sedang, dan berat. Hukuman disiplin paling berat berupa pemecatan tidak terhormat,” tegasnya.Lantas kesalahan apa saja yang mendapatkan hukuman disiplin berat? Di antaranya menjadi perantara mendapatkan keuntungan pribadi dengan menggunakan kewenangan orang lain, menjadi pegawai atau bekerja untuk negara asing/perusahaan asing tanpa izin pemerintah. Juga memiliki, menjual, membeli, menggadaikan, menyewakan, atau meminjamkan barang-barang (bergerak/tidak bergerak) dokumen atau surat berharga milik negara secara tidak sah.
“Menjadi peserta kampanye dengan menggunakan fasilitas negara, membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan dan merugikan salah satu calon pasangan selama kampanye, juga akan dijatuhi hukuman disiplin berat,” terangnya.
Di sisi lain Wakil Ketua Komisi XI Olly Dondokambey menyatakan, menaikkan gaji PNS dua kali lipat bisa saja disetujui. Persoalannya, apakah APBN mampu membayar seluruh PNS di Indonesia. “DPR bisa menyetujuinya, karena ada beberapa lembaga yang sudah mendapatkan gaji plus renumerasi seperti KPK dan Kantor Bea Cukai. Nanti akan kita lihat nanti di postur APBN 2010, kalau anggaran kita banyak, apa salahnya,” ujarnya.
Namun, lanjut Olly, yang harus diperhatikan pemberian gaji PNS tidak bisa disamaratakan semuanya. Misalnya instansi dengan tingkat kesulitannya lebih tinggi mendapatkan gaji lebih dibanding yang biasa saja.
“PNS kita kan banyak sekali. Saya melihat pembiayaan APBN kita lebih banyak terserap untuk belanja pegawai. Itu sebabnya, dalam seleksi CPNS harus benar-benar dicari pegawai berkualitas agar tidak menambah beban negara, tapi justru meningkatkan pendapatan negara,” tandasnya.
Mengenai kriteria pengukuran kinerja PNS, menurut anggota Komisi II DPR RI yang membidangi Kementerian Menpan, Andi Yuliani Paris menjadi penentu untuk perhitungan gaji pegawai. Bagi kader PAN ini, dinaikkan 10 kali lipat pun gaji PNS tidak akan mengubah prilaku pegawai karena kriteria pengukuran kinerja PNS belum ada.
“Apa ada yang menjamin kalau gaji PNS dinaikkan dua kali lipat bisa meningkatkan kinerjanya? Dinaikkan 10 kali lipat pun mereka tetap begitu-begitu saja. Kan tahu sendiri PNS kita banyakan santainya. Jadi sebelum minta kenaikan yang lebih banyak, sebaiknya benahi dulu sistemnya terutama tentang standar pengukuran kinerja PNS,” bebernya. (esy)

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Gaji Awal PNS 4 Juta 2010, Gaji Awal PNS 4 Juta

  1. Fakhrul munir says:

    kalau bisa tahun 2011 ini bs naik 3 jt untuk golongan III/a, biar PNS lebik maksimal bekerja dan demi kelancaran semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s