Tips Untuk Memperbanyak Kunjungan ke Blog Anda

Author: Akmal. 16 January 2007 : 5:00 pm.
INOVASI BARU: Cara Modern Menjadi Penulis Hebat!
============================================

assalaamu’alaikum wr. wb.

Ada banyak cara untuk memperbanyak kunjungan ke blog kita, mulai dari mempercantik tampilan sampai dengan memperbaiki isi alias content. Saya akan memberikan beberapa tips yang insya Allah bermanfaat agar blog kita banyak dibaca orang. Tentu saja ini bukan berarti bahwa blog saya sudah cukup banyak dikunjungi orang (karena memang tidak pernah ada kata “cukup”), lho!

Perbanyak Teman
Metode paling mudah untuk memperbanyak kunjungan ke blog kita tentunya adalah dengan memperbanyak teman. Mereka yang memiliki banyak teman tentu saja blog-nya jauh lebih sering dikunjungi daripada mereka yang temannya baru sedikit. Oleh karena itu, memperbanyak teman adalah suatu langkah yang sangat bagus. Tapi, tentu saja, berteman itu bukan hanya karena ingin blog-nya dikunjungi. Berteman saja dengan supel, kemudian segalanya akan berjalan secara otomatis!

Sederhana dan Nyaman
Kalau mau menyenangkan para pembaca, sudah barang tentu tampilan blog pun mesti mendapat perhatian serius dari pemiliknya. Anda boleh saja memamerkan kehebatan Anda dalam membuat gambar latar untuk blog dengan menggunakan hiasan beragam bentuknya. Akan tetapi, pada batas-batas tertentu, hiasan-hiasan tersebut justru bisa menjadi bumerang, karena mengakibatkan para pembaca menjadi tidak nyaman matanya. Saran saya pribadi, gunakanlah desain tampilan yang sederhana saja dan nyaman dilihat. Tidak perlu rumit-rumit, namun justru membuat pengunjung malas membaca. Gunakan pula warna-warna yang lembut di mata, karena dahulu ada film kartun yang dilarang di Jepang karena telah mempergunakan warna-warna mencolok dan mengakibatkan kerusakan syaraf bagi para penontonnya. Anda tidak mau pembaca blog Anda terkena penyakit epilepsi kan?

No Forward, Please !
Di artikel ini saya pernah menjelaskan betapa pentingnya orisinalitas sebuah tulisan, jika memang Anda ingin dikenal sebagai penulis sejati. Sebaiknya Anda jangan sampai mem-forward tulisan orang lain atau menuliskannya kembali di blog Anda. Kalau perlu mengutipnya, kutiplah. Tapi pada dasarnya orang-orang datang berkunjung ke blog Anda untuk melihat apa yang ANDA TULIS, bukan apa yang ANDA PERNAH BACA. Kalau ada pesan yang begitu bagus dan berkesan dari orang lain, dan Anda ingin menyampaikannya pada orang lain pula, maka sampaikanlah dengan cara Anda sendiri, dan lebih bagus lagi jika Anda mampu menyempurnakannya. Kalau Anda benar-benar hanya ingin mem-forward tulisan orang lain, ada baiknya menggunakan fasilitas semisal ‘Review‘ di Multiply, meskipun saya tetap saja lebih senang jika fasilitas ini digunakan benar-benar untuk me-review, bukan me-rewrite hasil karya orang lain.

Mantap
Pada dasarnya semua gaya tulisan itu sah-sah saja untuk digunakan pada kesempatan yang tepat. Yang penting hati Anda mantap ketika menggunakannya. Jangan gunakan gaya bahasa resmi dan dicampur-campur dengan gaya bahasa remaja. Menambahkan terlalu banyak unsur humor dalam sebuah artikel yang super-duper-serius pun bisa menjadi suatu bumerang. Persis seperti sinetron Indonesia yang genre-nya drama namun tiba-tiba memasukkan unsur komedi yang sangat tidak cerdas, sehingga ia menjadi sangat tidak nikmat untuk ditonton.

Sigap !
Sebagai penulis, Anda harus sigap menanggapi isu-isu yang berkembang di masyarakat. Sekarang sudah bukan jamannya lagi membicarakan perihal pernikahannya Siti Nurhaliza, karena hal itu sudah lewat lama sekali dan hingga kini belum ada lagi berita lanjutannya (satu-satunya berita hangat soal Siti Nurhaliza adalah soal kontes Pantene itu). Jika Anda menulis soal Adam Air atau musibah KM Senopati sekarang (ketika artikel ini saya buat), maka insya Allah tulisan Anda akan dianggap aktual dan menarik perhatian banyak pembaca. Tapi, tentu saja, jika Anda sudah memiliki ‘nama besar’ di kalangan bloggers, maka berita usang yang Anda poles kembali pun akan tetap laku dibaca. Di sini, kemampuan Anda memoles berita pun menjadi sebuah variabel yang sangat penting.

Gunakan Gambar
Adanya fasilitas untuk meng-upload gambar di blog adalah suatu hal yang perlu disyukuri. Cara mensyukurinya adalah dengan mengeksploitasi fungsi ini habis-habisan. Blog yang isinya hanya tulisan cenderung lebih mudah membuat bosan para pembaca daripada blog yang dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Carilah gambar-gambar yang kiranya bisa nyambung dengan isi tulisan Anda. Banyak situs di dunia maya yang menawarkan foto-foto gratis yang bisa Anda download tanpa harus memusingkan royalti, misalnya di sini.

Maksimal Dua Halaman A4
Anda perlu memaklumi bahwa kebanyakan yang membaca blog justru adalah kaum profesional yang tengah sibuk bekerja. Oleh karena itu, sedapat mungkin tulisan Anda mesti dibuat ringkas. Patokan saya adalah maksimal dua halaman A4 (saya biasa mengetiknya di rumah dengan software Word sebelum meng-upload-nya ke blog saya di Multiply). Lebih dari itu, biasanya terlalu panjang buat para pembaca. Tapi adakalanya juga saya melanggar aturan itu, misalnya pada artikel ini. Pada saat itu, saya tengah menceritakan pengalaman saya selama sehari, dan saya memang ingin memberikan kesan betapa panjangnya petualangan saya selama sehari itu.

Maksimal Dua Kali Sehari
Kalau sudah lancar menulis, bukan berarti Anda boleh menulis dan mem-posting tulisan sesukanya. Dari pengalaman saya, sebaiknya kita hanya mem-posting dua tulisan dalam sehari untuk kategori yang sama (misalnya blog, music, atau review). Aturan ini berlaku terutama untuk kategori blog yang biasanya berisi tulisan yang cukup padat untuk dibaca. Pasalnya, pembaca bisa jenuh jika ‘disodori’ oleh banyak tulisan panjang dalam seharinya. Jika memang ada naskah berlebih, ada baiknya ditahan untuk keesokan hari. Tentu saja, aturan ini bisa berubah jika memang artikel-artikel buatan Anda tidak begitu panjang. Jika artikelnya pendek-pendek saja, maka mem-posting 3-4 artikel dalam sehari pun rasanya tak mengapa.

Variasi
Saya yakin Anda bukanlah manusia yang hidupnya berkisar dalam masalah itu-itu saja. Seorang programmer komputer, misalnya, pasti juga hidupnya bersentuhan dengan masalah-masalah lain, misalnya masalah pajak atau barang palsu di pasaran. Anda bisa membahas tentang banyak hal di blog Anda. Sesekali membahas masalah politik dalam negeri, sesekali membicarakan politik koboi gaya George W. Bush, ada kalanya juga membuat polling dan berpuisi. Buatlah para pembaca terkejut terus-menerus!

Promosi
Ya, dalam dunia dagang, promosi itu sangat penting! Anggap saja blog Anda adalah barang dagangan. Yang Anda jual adalah tulisan (atau content lainnya), sedangkan yang ingin Anda peroleh adalah perhatian dari para pembaca. Oleh karena itu, mempromosikan blog sendiri bukanlah sesuatu yang haram dilakukan, malah wajib! Bagaimana caranya? Anda bisa :

* menyebar informasi dari mulut ke mulut (”Eh, gua punya blog lho di ……………….”),
* memberitahukan di milis-milis,
* menggunakan fasilitas signature di e-mail, misalnya dengan menulis nama lengkap dan alamat blog Anda di akhir setiap e-mail yang Anda kirimkan,
* menggunakan fasilitas shout di Friendster dengan menuliskan alamat blog Anda,
* memanfaatkan fasilitas status message di Yahoo! messenger untuk memberitahukan alamat blog Anda atau bahkan memberitahukan update harian perihal blog Anda tersebut,
* dan sebagainya.

Nah, saya tunggu prestasi Anda dalam waktu dekat, ya!

Artikel ini pernah dimuat di http://akmal.multiply.com/journal/item/419, dengan sedikit perubahan untuk memfasilitasi pembaca http://www.penulislepas.com yang tidak semuanya memiliki account di Multiply.
wassalaamu’alaikum wr. wb.
This entry is filed under Akmal, Blog dan Dunia Maya, Kiat, Kolumnis, Tematik, Umum dan Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

7 Responses to Tips Untuk Memperbanyak Kunjungan ke Blog Anda

  1. trima kasih atas masukannya….ini sangat penting bagi mereka yang pemula dalam dunia blog…..kami selalu tunggu tulisannya yang terbaru…OK.

  2. Elvin says:

    manteb nih,,thnks gan ^^

  3. artikel yg bagus sekali, semoga bisa dijadikan panduan buat para pembuat blog baru seperti saya

  4. mkasiih.. insyaallah saya akan menerapkan cara2 anda diatas ke blog saya,, maen juga ke blog saya ya..

  5. Rizky says:

    Waduh gan pas bagian akhir yang kurang sanggup kayaknya yang duakali sehari itu

  6. thank oom. sangat berguna artikel ini. salam kenal dari aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s