Inilah Rahasia Mengapa Sebuah Website/Blog Bisa Ranking Pertama di Google dengan Saingan yang Sangat Berat ! *

Written by adminadmin 50 Comments50 Comments Comments
Last Updated: September 7th, 2009

Pernahkah anda tahu mengapa sebuah situs/blog bisa masuk halaman satu + bisa ranking satu di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) dengan saingan yang sangat berat? Sangat berat disini adalah saingan yang jumlahnya diatas satu juta dan bisa mencapai ratusan juta. Bahkan bisa sangat tidak mungkin untuk dikalahkan. Karena hanya akan menghabiskan waktu saja. Tapi kita akan cari tahu yuk..kenapa sih bisa seperti itu.

Nah , di postingan ini saya akan mencoba untuk bereksperimen dengan google, untuk mencari tahu penyebabnya mengapa mereka bisa sangat beruntung masuk nomor satu di halaman pertama google dengan jumlah pesaing yang sangat berat. Ok, disini saya tidak akan membahas dasar-dasar SEO. Saya anggap semua orang pemilik blog atau webmaster (sebutan pemilik situs) sudah paham basic seo dan sudah bisa mengoptimasi SEO standart di situs kita masing-masing.

Bahasan ini saya beri studi kasus sebuah kata kunci tunggal dengan saingan 900juta dan mengapa website itu bisa berada di halaman pertama. Anda bisa coba dengan kata kunci lainnya dan bisa anda praktekkan sendiri.
Studi Kasus Keyword “mp3″ dengan 900juta Pesaing.

Ok..mari dimulai. Pertama, keyword tunggal adalah keyword yang saingannya sangat berat dan susah dikalahkan. Contoh keyword tunggal seperti “baju” atau “mobil” atau “uang” atau “mp3″ apa saja pokoknya satu kata saja. Nah, pesaing keyword tunggal ini biasanya dan memang seharusnya sangat berat.

Saya ambil contoh keyword tunggal untuk studi kasusnya adalah keyword “mp3″. Oke..sekarang saya pergi ke google.co.id (karena target kita indonesia😉 ), lalu ketikkan “mp3″ saja tanpa tanda petik. Dan hasilnya? ada 943.000.000 alias 900 juta hasil pencarian. Dan coba tebak siapa pemenangnya di nomor satu? Yups..website yang sudah lama kita kenal yaitu gudanglagu.com. Atau lihat bawah ini: (Silahkan klik setiap gambar dibawah ini agar lebih jelas)

studi-kaskus-seo

Lalu langkah selanjutnya adalah kita akan pergi ke http://www.yahoo.com. Di yahoo kita akan mencari sebuah informasi akurat tentang jumlah backlink yang menuju ke gudanglagu.com. Karena jumlah backlink dan kekuatan backlink inilah yang membuat gudanglagu.com mampu mengalahkan 900juta pesaingnya. Semakin banyak kekuatan backlinknya, maka semakin kuat pula gudanglagu ini bertahan di google nomor pertama.

Ok..sekarang ke yahoo.com, lalu diatas sendiri di kolom pencarian anda isikan seperti berikut ini:

link:www.gudanglagu.com <<<< Bisa anda ganti dengan domain anda sendiri atau domain orang lain yg ingin anda cari tahu kekuatan backlinknya.

Lalu tekan enter. Disini yahoo akan menunjukkan kepada anda berapa banyak link dari situs lain di seluruh dunia yang mengarah ke alamat gudanglagu.com. Semua link yang masuk bisa saja dofollow dan nofollow. Dan ternyata kekuatan backlink si gudanglagu adalah sebanyak: 1427. !

gudanglaguseminggulalu

Wah…ada 1427 backlink yang menuju ke gudanglagu.com. Itu masih belum di halaman-halaman lainnya yang ada di dalam gudanglagu. Tapi sayangnya, screenshot itu sudah diambil sangat lama sekali sekitar seminggu yang lalu sejak postingan ini ditulis. Rencananya sih dulu mau bikin postingan ini, tapi masuk draft sampe seminggu dan akhirnya baru sempat diselesaikan sekarang ini.

Dan ternyata ketika hari ini saya cek jumlah backlink menuju gudanglagu dalam seminggu sudah bertambah menjadi

studi-kaskus-gudang-lagu-com

Yap benar, gudanglagu dari jumlah 1427 backlink dalam waktu seminggu mampu mendapatkan tambahan menjadi sekitar 11.490 ! Apakah iya si gudanglagu berhasil mendapatkan sebegitu cepatnya backlink? Eits..setelah aku obak abik google dan yahoo. ternyata ada yang salah dari kedua screenshot tersebut. Coba perhatikan antara screenshot satu dan dua. Di alamat situsnya. Ada perbedaan antara menggunakan www dan non www. Jumlah backlink yang menggunakan www dan non www di gudanglagu beda jauh ya.

Dari sini anda dan saya mendapatkan pelajaran berharga, yaitu sangat penting untuk menentukan blog kita menggunakan domain dengan www atau dengan non www. Penjelasannya bisa anda lihat di postingan saya tentang perbedaan domain www dengan non www. Jika sejak awal anda tidak memperhatikan backlink anda dengan menggunakan www dengan non www, anda akan rugi besar dalam SEO loh.

Oke..sekarang lanjut ke materi. Tiba tiba muncul pertanyaan dari dalam diri saya, apakah jumlah backlink sebanyak 11.490 itu yang membuat si gudanglagu.com mampu di peringkat pertama dengan keyword tunggal “mp3″ dan saingannya sebanyak 900juta itu yah.

Selama saya terjun di dunia blog monetizing yang sangat butuh SEO, banyak sekali saingan saya yang keluar masuk halaman satu google hanya dengan mengandalkan SEO secara offsite atau offpage. Jadi gini loh, SEO luas dan dibagi jadi dua. Ada onpage dan offpage. Atau istilah lainnya onsite dan offsite.

Arti dari onpage adalah semua kegiatan SEO yang dilakukan di dalam blog atau situs kita. Jadi pokoknya kita optimasi SEO itu ga jauh-jauh, cukup didalam blog saja. Kebalikannya adalah offpage, yaitu kegiatan SEO yang dilakukan diluar blog atau situs anda. Inti dari offpage ini adalah backlink. BACKLINK IS NUMERO UNO klo menurut kebanyakan orang.

Nah jadi selama saya terjun dunia blogmonetizing kan btuh SEO tuh, karena SEO itu adalah cara ampuh untuk mendapatkan pengunjung ke blog saya. Ada pengunjung = ada Uang. Nah selama di dunia SEO, saya melihat saingan saya cukup buruk untuk optimasi onpage. Tapi entah kenapa dia selalu berhasil masuk ke halaman satu. Setelah saya cek di yahoo, ternyata Ya allah..pantes aja jumlah backlinknya ribuan. Sedangkan saya masih puluhan. Gimana mau menang haha.

So, Orang yang udah banyak pengalaman di dunia SEO akan selalu mengandalkan backlink untuk menjadikan blog mereka di halaman pertama search engine google. Mereka selalu spamming keyword utama mulai dari title sampai meta tag information dimana mana. (Saya juga suka spamming keyword sih hehe). Dan pemenang kontes SEO adalah orang yg punya dengan backlink terkuat, backlink berkualitas dan banyak tautan yg mengarah ke blog mereka. So,

The SITE WITH THE MOST BACKLINKS WINS!

Lalu bagaimana jika ada dua situs yang punya backlink yang sama di hasil pencarian google? Lalu jika hanya dengan backlink, apakah onpage itu sudah tidak penting? Ada situs yg onpagenya buruk, tapi dia menang backlink sehingga bertahan halaman satu google. Kok bisa? Dimana tempat nyari backlink? Apakah ada strategi untuk memenangkan perang atau kontes SEO? Apa rahasia2 SEO lainnya? dll pertanyaan lainnya..

Yang jelas tidak saya bahas semua di postingan ini. Pertanyaan-pertanyaan diatas insya allah saya tulis hari hari berikutnya. So, stay tune disini ya ! Ingat Tips blogging dan SEO ala batman lalu yg keenam. Oke..hehe. :biggrin:

Related posts:
1. Mengapa Domain Sangat Berpengaruh Pada Search Engine Optimization
2. Bagaimana Cara Nomor Satu Di Google dengan Keyword Anda
3. 6 Tips Blogging & SEO Ala Batman yang Bisa Anda Terapkan

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 Responses to Inilah Rahasia Mengapa Sebuah Website/Blog Bisa Ranking Pertama di Google dengan Saingan yang Sangat Berat ! *

  1. luar biasa infonya , ini yang aku cari, terima kasih ya

  2. depotmp3 says:

    keren artikelnya, bantuin http://www.depotmp3.com donk biar bisa ngalahin gudanglag

  3. mbetrix says:

    Manstaps…Gan…

  4. Link yang bagus itu seperti apa mastah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s