Tips Belajar SEO ala Pelajar SEO Pemula

Belajar Search Engine Optimization atau yang disingkat Belajar SEO adalah suatu proses membangun sebuah situs atau web atau blog yang “bersahabat” dengan mesin pencari. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa belajar teknik SEO sebenarnya mengajarkan kepada kita bagaimana teknik-teknik yang baik agar blog atau website yang kita miliki dapat “dikenali” dengan baik oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya. Blog yang mengimplementasikan teknik SEO dengan benar, kemungkinan besar akan lebih mudah terindex dan mendapat posisi yang ideal dalam mesin pencari.

Sebenarnya bagi saya secara pribadi, masih banyak kebingungan yang sering saya dapati dalam belajar SEO, para pemula lainnya juga mengalami hal yang sama. Maklumlah, Belajar Teknik SEO kan tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh kesabaran dan kerja keras. Saya sendiri sudah belajar hampir setahun tapi tetap saja ngga ngerti-ngerti. Bayangkan saja berkali-kali blog saya hilang dari Search Engine bahkan sempat kena penalty. Tapi dari pengalaman yang saya dapatkan selama belajar SEO, bagi para pemula yang ingin belajar SEO, saya ada sedikit tips yang mudah-mudahan bisa membantu.

Tips Belajar SEO bagi Para Pemula ala Pelajar SEO Pemula (pemula ngajarin pemula…wekekeke)

1. Lakukan berbagai penelitian.
Langkah awal sebelum anda terjun dalam dunia Search Engine Optimization alias SEO adalah mulailah mengumpulkan berbagai informasi, tips, kisah sukses dan lain sebagainya yang kira-kira dapat membantu anda belajar SEO. Terutama dari website yang memiliki tema atau topik yang sama dengan anda.

2. Perhatikan nama domain anda.
Nama domain juga turut mempengaruhi SEO dari blog anda. Beberapa master SEO mengungkapkan bahwa nama domain dianggap kurang SEO Friendly atau tidak bersahabat jika nama domain tersebut terlalu panjang dan tidak sesuai dengan topik ata tema blog.

3. Optimasi Kata Kunci Blog anda.
Optimasi keyword atau kata kunci yang relevan dengan blog anda. Jangan menuliskan kata kunci terlalu banyak karena akan menjadi kurang bermakna, cukup 2-5% saja. Kata master SEO sih.

4. Usahakan membangun link ke Blog lain.
Membangun link exchange sangat direkomendasikan dalam belajar SEO. Namun jangan sampai anda dengan seenaknya melakukan spam ke blog anda, karena akan mempengaruhi rangking atau bahkan bisa kena penalty. Usahakan membangun link dengan blog-blog yang relevan dengan tema blog anda.

5. Stop Dreaming, Start Action right now. hehehee…

Tulisan Lain Dalam Tips Dan Trik Facebook
Belajar SEO

* Apa Kabar WWW.GZON.US Mencari Pemilik SEO Kontes?
* SEO Tips Bagi Pemula : Meta Title Tag
* Tips Search Engine Optimization di Google
* Do follow Social Bookmarking Site

About ariefwidjaya

Alumni S2 Kesehatan Masyarakat Uhamka
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Tips Belajar SEO ala Pelajar SEO Pemula

  1. dyos says:

    iya ya sob ,SEO itu jauh dimata dekat dihati..gampang2 susah ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s